Posted by : M. Kevin Sandryan Senin, 19 Oktober 2015



     Hai sahabat Edment! Pada artikel kali ini Edment bakal ngejelasin tentang pasukan-pasukan elit yang 'mematikan/ di Indonesia. TNI (Tentara Nasional Indonesia ) terdiri dari Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara. Namun kebanyakan orang lebih mengenal Kopassus sebagai
special force yang terkuat. Emangsih, Kopassus memasuki urutan ke 3 pasukan elit terbaik dunia versi Discovery Channel Military Edition 2008. Tapi kehebatan Kopaska juga mulai dikenal oleh dunia karena aksi mereka dalam mengevakuasi bangkai pesawat dan korban AirAsia di Laut Jawa. Kopaska juga mendapat pujian dari perwira Amerika Serikat karena aksi mereka yang tidak dilengkapi dengan alat keselamatan yang memadai.
      Masih banyak pasukan-pasukan elite militer yang lebih kuat dari Kopassus maupun Kopaska. Namun karena special forces ini memiliki tingkat kerahasiaan yang sangat tinggi, jadi special forces TNI yang lain jarang di ekspos. Berikut akan dibahas pasukan-pasukan elit yang ‘mematikan’ versi Edutaiment

1.      Pleton Intai Tempur (Tontaipur)


      Pasukan ini bisa dibilang ‘anak’ dari TNI AD, karena memang pasukan elite ini berada dibawah Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad). Para prajurit diambil dari kesatuan dibawah Kostrad, namun tidak semua dari prajurit bisa mengambil bagian dari pasukan ini.
      Para prajurit wajib mengikuti latihan berat selama 7-9 bulan lamanya. Tak sampai 1000 orang yang lulus dalam pelatihan ini. Melainkan hanya sekitar 500 orang.
Walaupun berada di naungan TNI AD, namun prajurit tidak hanya dilatih kemampuan bertempur di darat saja, tapi juga laut dan udara. Latihan yang dilakukan oleh Tontaipur dilakukan di seluruh markas-markas pasukan elite TNI.
      Latihan-latihan yang berat ini dilaksanakan untuk menguji kemampuan prajurit agar efektif di medan tempur. Seluruh tahap latihan diperuntukkan bagi Tamtama, Bintara, maupun Perwira.

2.      Detasemen Jala Mangkara (DENJAKA)  



      Denjaka atau biasa dikenal sebagai prajurit baret ungu adalah special forces yang merupakan gabungan antara personel KOPASKA dan YONTAIFIB Korps Marinir TNI AL. Latihan yang super-berat membuat prajurit Denjaka hanya di perkuat sebanyak belasan personil saja.
      Sebagai calon prajurit Denjaka, bukan hanya kemampuan fisik yang dituntut. Namun kecerdasan yang tinggi juga sangat dibutuhkan. Karena mereka dituntut untuk dapat menyusun strategi yang cepat dan tanggap dalam melawan musuh.
      Awalnya prajurit dilatih di kawah candradimuka di Situbondo. Dan latihan yang paling berat diantara semuanya dilakukan di Bayuwangi, yaitu prajurit diikat kaki tangannya dan dibuang ke laut. Dalam keadaan itu, mereka diminta bertahan hidup dan meloloskan diri.
      Selain fisik dan kecerdasan, prajurit juga dilatih mentalnya. Mulai dari terjun payung siang malam, bertahan hidup di hutan tanpa membawa perbekalan apapun, meyelam di laut tanpa menggunakan alat apapun, dan sebagainya. Bahkan gugur saat latihan merupakan sebuah resiko.
(1 Prajurit Denjaka=120 Prajurit TNI)

3.      Komando Pasukan Katak (KOPASKA)



     
 Pada awal berdirinya, kopaska memiliki sekitar 3000 prajurit. Kopaska didirikan untuk mendukung kampanye militer di Irian Jaya. Sesuai namanya, prajurit Kopaska ditugaskan di dalam laut sekaligus di darat. Tugas utama prajurit Kopaska adalah menyerbu kapal dan pangkalan musuh, menghancurkan instalasi bawah air, penyiapan perebutan pantai, dan operasi pendaratan kekuatan amfibi.
      Prajurit-prajurit kopaska dilengkapi dengan senjata dan kendaraan bawah air yang canggih. Pelatihan Kopaska berlangsung selama 9 bulan dan latihan yang berat, salah satunya berenang tanpa menti melewati Selat Sunda sejauh 30 km dan prajurit Kopaska diluncurkan melalui lubang torpedo kapal selam. Untuk jumlah personel kopaska  tidak pernah diekspos karena pasukan ini mempunya tingkat kerahasiaan sangat tinggi.
(1 Prajurit Kopaska=24 Prajurit TNI

4.      Satuan Bravo 90 (Sat Bravo-90)

      Satuan Bravo 90 atau biasa disebut dengan Sat Bravo-90 lahir dan tumbuh di lingkungan TNI AU. Special force ini lahir pada tahun 1990 di Korps Pasukan Khas TNI AU. Pasukan ini memiliki spesialis antiteror udara.
      Personel Sat Bravo dilengkapi dengan peralatan tempur udara yang sangat canggih. Pastinya alat-alat itu dirahasiakan demi keamanan Negara. Prajurit ini dilatih untuk melakukan pertempuran tingkat lanjut. Mulai dari combat free fall, scuba diving, pendaki serbu, teknik terjun HALO (High Altitude Low Opening atau HAHO (High Altitude Hight Opening), para lanjut tempur dan antiteror.
      Pasukan Bravo diseleksi dari anggota Korps Pasukan Khas TNI AU yang telah menyelesaikan pendidikan terjun dan komando. Hanya mereka yang lulusan terbaik bisa bergabung.
(1 Prajurit Sat Bravo=5 prajurit TNI)

5.      Yontaifib (Batalyon Intai Amfibi)

      Batalyon Intai Amfibi atau disingkat dengan Yontaifib adalah satuan elit dalam korps marinir seperti KOPASSUS dalam jajaran TNI AD.
      Untuk menjadi anggota Yontaifib, setian calon anggota harus memiliki kondisi fisik, mental, dan kesehatan yang baik. Dan aktif dinas selama 2 tahun. Sebelumnya, Korps ini memiliki nama KIPAM (Komando Intai Amfibi).
      Salah satu latihan terberat Yontaifib adalah berenang sejauh 3 km dengan kaki tangan diikat. Mirip dengan latihan Denjaka. Proses rekrutmen anggota Yontaifib dilakukan secara sukarela dari anggota Marinir yang berada di seluruh bagian tempur. Untuk menjadi anggota Yontaifib dilakukan seleksi yang sangat ketat. Sebab di tangan Yontaifib-lah sebuah kesuksesan operasi amfibi yang dilakoni.
      Pendidikan Yontaifib berlangsung selama 9 bulan bertempat di Pusdik Marinir lalu dilanjutkan di Puslatpur Marinir Karang Tekok Situbondo dan 7 Pusdikpur lainnya.

Demikianlah 5 dari sekian special forces yang ada di Indonesia, karena sifatnya yang sangat rahasia, jadi tidak bisa saya sebutkan semua korps prajurit yang ada. Mungkin bisa dijadikan referensi oleh teman-teman  untuk yang bercita-cita menjadi prajurit militer.

{ 2 komentar... read them below or Comment }

  1. memang keren sekali pasukan khusus Indonesia

    BalasHapus
  2. terima kasih infonya, komentar juga ya ke blog saya www.belajarbahasaasing.com

    BalasHapus

Welcome to My Blog

Popular Post

Labels

Author

Seorang pelajar SMA yang cuma punya 1 kekurangan, yaitu ga punya kelebihan

- Copyright © Edutainment World -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -